KULIAH LAPANGAN SKETSA

Sabtu, 03 Nopember 2018 11:08:57 ,Oleh ,Dilihat : 848 x
KULIAH-LAPANGAN-SKETSA

Mahasiswa Desain Grafis angkatan 2018 mengadakan kuliah lapangan SKETSA di Taman Kota Salatiga, guna melengkapi perkuliahan Menggambar. Kemampuan membuat Karya Sketsa dilatihkan dalam kegiatan ini dengan objek pengamatan lingkungan di sekitar Taman kota Salatiga.

 

Sketsa (sketch) merupakan gambaran atau lukisan yang kasar, ringan, semata-mata garis besar atau belum selesai. Kadang kala hanya digunakan sebagai pengingat-ingat saja. sketsa mengarah ke gambar kasar, yang bersifat sementara, baik di atas kertas maupun juga berada di atas kanvas, sehingga suatu saat dapat berwujud 'lukisan/gambaran yang sesungguhnya'

 

‘sketch', yang dimana pengertian adalah 'begitu saja tanpa persiapan'. Sedangkan persamaan arti kata sketsa antara lain: 'coretan, gambar, ilustrasi, buram, coret, rencana, draf, konsep, skenario, ikhtisar, rangka, rang-rangan, reka bentuk. Kalau di sederhanakan, pengertian sketsa adalah pra rancangan gambar dengan medium garis.

 

Sketsa diterapkan secara esensi dengan adanya sebuah ungkapan emosi, ekspresi dan intuisi kedalaman kesan objek yang di gambar. Hasil karya sketsa mampu menunjukkan kematangan goresan seniman/desainer sebelum ia mewujudkan berupa karya cipta seni rupa/desain.

 

Manfaat mengembangkan kompetensi sketsa adalah memberi kemampuan penggambaran tema,  Meminimalisir kesalahan menggambar/mendesain,  Mempertajam pengamatan dan Meningkatkan kemampuan mengkoordinasi hasil pengamatan dan ketrampilan tangan.

Kembali kehalaman sebelumnya Print

SIGN IN YOUR ACCOUNT TO HAVE ACCESS TO DIFFERENT FEATURES

CREATE ACCOUNT

FORGOT YOUR DETAILS?

`
TOP