×

INTERNATIONAL VISITING LECTURE Routing Algorithms

INTERNATIONAL VISITING LECTURE Routing Algorithms

Semarang, 22 Desember 2023 Oleksandr Dovzhenko Hlukhiv National Pedagogical University (Ukraine), is organized in partnership and supported by STEKOM University, STIE STEKOM, Industrial and Vocational Community Association (PERKIVI), Indonesian Smart Teacherpreneur Association (PTIC), and TopLoker.com. Sukses dalam menyelenggarakan International Visiting Lecture dengan tema Routing Algorithms.

 

Acara International Visiting Lecture Routing Algorithms tersebut diselenggarakan Selasa, 22 Desember 2023 Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 


International Visiting Lecture ini diisi oleh Andrii Riabko (Assoc Prof at Dept of Physical & Mathematical Education & Informatics) menjelaskan tentang Routing Algorithms. Routing algorithms (algoritma routing) adalah serangkaian aturan atau prosedur matematika yang digunakan oleh jaringan komputer untuk mengarahkan data dari satu node ke node lain dalam jaringan. Tujuan dari routing adalah untuk menentukan jalur optimal atau terbaik untuk mentransmisikan data dari pengirim ke penerima.

 

Ada beberapa jenis algoritma routing yang digunakan dalam jaringan komputer, dan pilihan algoritma tertentu dapat tergantung pada berbagai faktor, termasuk topologi jaringan, beban lalu lintas, dan tujuan kinerja. Beberapa algoritma routing umum meliputi:

1. Routing Statis: Jalur ditentukan sebelumnya dan tetap konstan terlepas dari kondisi jaringan saat ini. Meskipun sederhana, metode ini mungkin tidak efisien dalam mengatasi perubahan kondisi jaringan.

2. Routing Dinamis: Jalur dihitung secara dinamis berdasarkan informasi saat ini tentang jaringan. Algoritma dinamis dapat menyesuaikan jalur saat kondisi jaringan berubah, sehingga dapat lebih responsif terhadap perubahan topologi atau kegagalan koneksi.

 

Beberapa contoh algoritma routing termasuk:

Distance Vector Routing: Contohnya adalah algoritma RIP (Routing Information Protocol), di mana setiap node dalam jaringan menyimpan tabel dengan informasi jarak terpendek ke setiap tujuan.

Link-State Routing: Contohnya adalah algoritma OSPF (Open Shortest Path First), di mana setiap node mengumpulkan informasi tentang status koneksi link dan menggunakan informasi tersebut untuk menghitung jalur terpendek.

Path Vector Routing: Contohnya adalah BGP (Border Gateway Protocol), yang digunakan dalam routing antar-domain pada Internet.

Flooding: Metode ini mengirimkan salinan pesan ke setiap node dalam jaringan, dan setiap node memutuskan apakah akan menyimpan atau memindahkan salinan pesan tersebut berdasarkan kriteria tertentu.

 

Pemilihan algoritma routing tergantung pada kebutuhan spesifik dan karakteristik jaringan tertentu, dan seringkali jaringan modern menggunakan kombinasi dari berbagai jenis algoritma routing. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/QhoP8sg6bAA?si=gkHTJ12JBpkcrvbr