×

Cara Membagi Waktu Secara Efektif agar Mahasiswa Bisa Kuliah Sambil Bekerja

Cara Membagi Waktu Secara Efektif agar Mahasiswa Bisa Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah sambil bekerja adalah sebuah tantangan yang membutuhkan manajemen waktu yang efektif agar mahasiswa dapat menjalankan keduanya dengan baik. Strategi utama yang harus dipersiapkan adalah menetapkan tujuan dan menjaga komitmen. 

Pastikan Anda memiliki tujuan akhir yang ingin dicapai. Misalnya seperti studi tetap lancar hingga selesai serta mampu menjaga komitmen untuk bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. 

Bekerja menjadi salah satu upaya untuk mengumpulkan biaya agar kuliah bisa terealisasi dengan baik. Tetaplah konsisten dan disiplin dengan menyusun jadwal agar tidak saling berbenturan. Utamakan jadwal kuliah, setelah selesai kuliah baru jadwal bekerja menyesuaikan.

Pastikan bos atau atasan mengetahui jika Anda mempunyai aktivitas perkuliahan. 

Dalam kondisi ini, jadwal kuliah sebaiknya tidak mengganggu waktu untuk bekerja. Salah satu program ekstensi atau kuliah di akhir pekan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jalani.

 

Cara Membagi Waktu Kuliah Sambil Kerja

1. Waktu Weekend untuk Kuliah

Bagi yang memiliki pekerjaan di sebuah perusahaan dengan hari kerja dari Senin hingga Jumat, dari pagi hingga sore membuat waktu pun akan tersita seharian penuh. Maka, cara membagi waktu kuliah sambil kerja yang efektif adalah dengan memilih weekend sebagai waktu kuliah.

Sudah banyak kampus di Indonesia yang tersedia dengan sistem pembelajaran khusus untuk para karyawan. Dengan memiliki jadwal yang tidak banyak menyita waktu untuk bekerja. Sistem yang digunakan yaitu sistem modular, jadi Anda sendiri yang menentukan jumlah mata kuliah dan jadwalnya.

2. Mengikuti Kelas Online

Cara membagi waktu kuliah sambil bekerja yang selanjutnya adalah dengan memilih kampus yang bisa memberikan kelas online untuk mahasiswanya. Dengan mengikuti kelas online, maka Anda akan mempunyai waktu lebih fleksibel, tidak memikirkan jarak dan ongkos untuk pergi ke kampus.

3. Terapkan Skala Prioritas

Penting sekali untuk  menerapkan skala prioritas kegiatan sehingga tidak menjadi berat dan repot dalam mengatur urusan kerja dan kuliah. Contohnya, jika Anda memiliki jadwal ujian kuliah dalam satu waktu, Anda harus berkomitmen untuk bisa mengerjakan tugas kantor lebih cepat.

Penjelasan singkat di atas adalah beberapa cara efektif membagi waktu kuliah sambil kerja. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk lebih fokus menyelesaikan satu per satu tugasmu sehingga tidak membuat salah satu tugas atau tanggung jawab terbengkalai.

Dengan mengatur waktu secara efektif, mahasiswa yang bekerja dapat menyeimbangkan kuliah dan pekerjaan mereka dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga dapat menikmati waktu luang dan menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.