×

Link dan Cara Cek Hasil Real Count KPU 2024, Lihat di sini

Link dan Cara Cek Hasil Real Count KPU 2024, Lihat di sini

Real count adalah proses resmi penghitungan suara yang dilakukan oleh lembaga pemilihan umum (seperti Komisi Pemilihan Umum atau KPU) setelah pemilihan umum berlangsung, sementara proses perhitungan resmi pemilu 2024 telah dimulai dan dapat dipantau masyarakat.


Proses quick count atau hitung cepat oleh beberapa lembaga pun masih berlangsung saat ini, 

Quick count adalah gambaran awal tentang hasil Pemilu sebelum hasil resmi diumumkan. Penting untuk dicatat bahwa quick count bukanlah hasil resmi Pemilu, karena hasil resmi Pemilu masih menunggu proses perhitungan suara yang sesungguhnya (real count).

Kapan hasil real count KPU di umumkan?

Sejak penutupan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari, hasil real count atau perhitungan sementara suara KPU sudah dapat diakses terutama melalui situs resmi KPU.

Kapan Hasil Resmi KPU Keluar?

Hasil Resmi KPU keluar atau diumumkan resmi dikutip dari laman detik.com pengumuman resmi hasil Pemilu 2024 dari KPU paling lambat tanggal 20 Maret 2024.

Cara Melihat Hasil Pemilu Real Count KPU

Cara untuk melihat hasil pemilu secara langsung dari KPU bisa dilakukan dengan melihat real count secara online. Masyarakat dapat mengakses hasil ini melalui tautan resmi KPU untuk Pemilu 2024, yang dapat ditemukan di: https://pemilu2024.kpu.go.id/.

Untuk Melihat Klik Disini : Real Count KPU

Di situs tersebut, masyarakat dapat melihat hasil penghitungan suara untuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD.

Untuk melihat data real count dari KPU, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka tautan https://pemilu2024.kpu.go.id/ menggunakan web browser Anda.
  2. Pilih jenis pemilihan yang ingin Anda periksa di kolom yang tersedia di bagian kiri atas halaman, seperti pilpres, pileg DPR, pileg DPRD Provinsi, pileg DPRD Kabupaten/Kota, atau pileg DPD.
  3. Setelah itu, pilih opsi 'Hitung Suara'. Klik nama provinsi yang ingin Anda lihat hasilnya.
  4. Anda akan diberikan hasil penghitungan real count pemilihan umum 2024 di laman tersebut.

Dengan demikian, akses terhadap hasil real count Pemilu 2024 dari KPU telah memudahkan masyarakat. Meskipun quick count masih berlangsung, penting dicatat bahwa hasil resmi Pemilu dari KPU akan diumumkan paling lambat tanggal 20 Maret 2024. Dengan menggunakan situs resmi KPU, masyarakat dapat langsung memantau real count secara online, memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi terbaru tentang hasil Pemilu.