×

Makanan Khas Natal dan Tahun Baru di Indonesia

Makanan Khas Natal dan Tahun Baru di Indonesia

Perayaan Natal dan Tahun Baru di Indonesia tidak hanya dirayakan dengan kegembiraan dan kebersamaan, tetapi juga dengan hidangan lezat dan khas. Berikut adalah beberapa makanan khas yang sering dihidangkan selama musim liburan ini di berbagai daerah Indonesia:

1. Rendang dan Opor Ayam

Rendang merupakan hidangan khas dari Minangkabau yang biasanya terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah hingga empuk dan berbumbu. Di sisi lain, Opor Ayam adalah hidangan berkuah santan dengan potongan ayam, sering kali disajikan dengan ketupat atau lontong. Kedua hidangan ini sering dihidangkan sebagai menu istimewa selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

2. Nastar dan Kue Kering

Nastar adalah kue kering berbentuk bulat dengan isi selai nanas di tengahnya. Selain nastar, berbagai kue kering seperti kastengel, putri salju, dan lidah kucing juga menjadi sajian yang sangat populer selama musim liburan. Kue-kue ini sering dihidangkan sebagai cemilan ketika keluarga dan teman berkumpul.

3. Semur Jengkol

Semur Jengkol adalah hidangan yang terbuat dari jengkol yang dimasak dengan bumbu khas semur seperti kecap manis, bawang, dan rempah-rempah lainnya. Meskipun kontroversial karena baunya yang khas, semur jengkol sering dihidangkan sebagai hidangan spesial saat merayakan Natal dan Tahun Baru di beberapa daerah di Indonesia.

4. Ketupat dan Rawon

Ketupat adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun kelapa kering. Biasanya disajikan bersama opor ayam atau rendang. Sementara itu, rawon adalah hidangan berkuah khas Jawa Timur yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas dan disajikan dengan nasi ketupat.

5. Kolak

Kolak adalah hidangan manis yang terbuat dari potongan pisang, ubi, dan ketela yang direbus dalam santan dan gula kelapa. Kolak sering dihidangkan sebagai hidangan penutup untuk menyempurnakan hidangan khas Natal dan Tahun Baru.

Dengan keberagaman kuliner Indonesia, perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi saat yang istimewa untuk menikmati makanan lezat dan mengenali kekayaan budaya kuliner yang dimiliki Indonesia.