×

Bisnis Online Bisa Jadi Alternatif untuk Kuliah Sambil Kerja

Bisnis Online Bisa Jadi Alternatif untuk Kuliah Sambil Kerja

Permasalahan di dunia kampus biasanya tidak jauh-jauh dari persoalan dengan bidang akademik dan dosen. Selain itu, masalah keuangan nyatanya jadi ganjalan terselubung bagi kalangan tertentu. Biaya kuliah yang relatif mahal membuat banyak orang harus berpikir dua kali untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, bahkan mahasiswa yang mendapat beasiswa secara penuh pun terkadang masih merasa galau karena keuangan yang tidak sebanding dengan kebutuhan selama perkuliahan karena akomodasi yang diberikan hanya untuk fasilitas tertentu saja. Padahal, mahasiswa juga memerlukan uang untuk makan, tempat tinggal, transportasi, membeli buku penunjang, print, foto copy dan masih banyak lagi. Ingin meminta pada orang tua tetapi malu karena satu dan lain hal.

Oleh sebab itu, sebagai seorang mahasiswa harus cerdas bukan hanya dalam akademis melainkan juga dalam menghadapi tuntutan kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, banyak mahasiswa bingung harus mencari tambahan dari mana, padahal jika lebih jeli, tersedia beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil namun tetap menguntungkan bahkan ada pula bisnis yang tanpa modal.


1. Jasa kaus pre order

Industri fashion seakan tidak pernah mati. Inilah salah satu celah bisnis yang tidak boleh dilewatkan karena tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam. Dengan sistem pre order, kaus atau baju yang akan diproduksi adalah kaos yang sudah dipesan dan pembeli sudah membayarkan DP (down payment) atau uang muka di awal.

2. Usaha Dropship

Bisnis yang satu ini sama sekali tidak membutuhkan modal. Sistem dropship dalam bisnis belanja online memiliki kemudahan akses dengan modal minimum. Cukup menggunakan gadget yang dimiliki untuk memposting produk-produkyang hendak dijual melalui media sosial, e-commerce ataupun marketplace , Usahakan produk yang dijual berkaitan dengan kebutuhan harian sehingga  peminat barangnya terus ada. Misalnya seperti baju, perabot rumah tangga, hijab dan sebagainya. Pilihlah reseller yang terpercaya. Tujuannya agar produk yang Anda jual tidak mengecewakan konsumen.

3. Cetak Foto Polaroid

Jasa cetak foto polaroid tidak boleh dipandang sebelah mata, nyatanya termasuk bisnis bermodal kecil tetapi menguntungkan. Foto bergaya polaroid ini banyak diminati karena memberi kesan keren dan cocok untuk dijadikan koleksi, aksesoris ruangan, hingga dekorasi acara. Berbekal printer khusus polaroid dan 1 set kertas foto yang dijual dengan harga ekonomis, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. 

4. Souvenir Pernikahan

Keperluan pernikahan yang semakin unik dan beragam adalah peluang bisnis menarik yang harus dipertimbangkan. Salah satunya ialah souvenir unik terbuat dari kain flanel yang dapat dibentuk jadi gantungan kunci, bros, dan lain sebagainya.

5. Pembuatan Parsel / Hampers

Usaha kecil-kecilan seperti pembuatan parsel/hampers ini hanya membutuhkan modal sekitar satu juta untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya. Bisnis yang satu ini bisa memberi keuntungan yang sangat besar menjelang hari raya, apalagi jika Anda jeli melihat peluang dan pintar menyusun strategi pasar, bisnis yang satu ini dapat dikembangkan dalam skala yang lebih besar seperti parsel untuk pernikahan, hantaran, atau acara lainnya. 


Terlepas dari pilihan karir apa yang diinginkan, Anda harus terus membangun motivasi, komitmen, dan keyakinan pada diri sendiri. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Proses saat ini akan membawa hasil yang manis di masa depan. Pendidikan dan pengalaman yang Anda dapatkan bisa dijadikan alat bahkan batu loncatan untuk menuju kesuksesan Anda.