×

Daftar Mata Kuliah yang Akan Anda Dapatkan Saat Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Daftar Mata Kuliah yang Akan Anda Dapatkan Saat Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang sangat diminati di Indonesia karena memberikan peluang karir yang besar di bidang teknologi informasi. 

Jurusan ini menawarkan banyak mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, keamanan siber, dan pengolahan data. Saat kuliah di jurusan ini, mahamahasiswa akan belajar tentang teknologi informasi, komputer, dan pemrograman. 

Berikut adalah daftar beberapa mata kuliah yang umumnya ditawarkan dalam program studi Teknik Informatika:


1. Algoritma dan Pemrograman

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar algoritma dan pemrograman. Mahasiswa akan mempelajari cara membuat program dan struktur data, seperti array, list, dan tree.

2. Basis Data

Mata kuliah ini membahas tentang basis data, termasuk cara merancang, membuat, dan mengelola basis data. Mahasiswa akan belajar tentang SQL, database relasional, dan teknik indexing.

3. Jaringan Komputer

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar jaringan komputer, protokol jaringan, dan model OSI. Mahasiswa akan mempelajari cara mengonfigurasi jaringan dan mengidentifikasi masalah jaringan.

4. Pemrograman Berorientasi Objek

Mata kuliah ini membahas tentang pemrograman berbasis objek, termasuk konsep dasar seperti kelas, objek, pewarisan, dan polimorfisme. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat program yang modular dan mudah dipelihara.

5. Sistem Operasi

Mata kuliah ini membahas tentang sistem operasi, termasuk konsep dasar seperti proses, thread, dan manajemen memori. Mahasiswa akan mempelajari cara mengelola sistem operasi dan menyelesaikan masalah yang terkait.

6. Desain Perangkat Lunak

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip desain perangkat lunak yang baik. Mahasiswa akan mempelajari tentang arsitektur perangkat lunak, pola desain, dan manajemen proyek perangkat lunak.

7. Keamanan Jaringan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar keamanan jaringan, termasuk serangan jaringan, enkripsi, dan tindakan pencegahan keamanan. Mahasiswa akan mempelajari cara membuat jaringan yang aman dan mengelola risiko keamanan.

8. Pengolahan Citra

Mata kuliah ini membahas tentang teknik pengolahan citra, termasuk filtrasi, segmentasi, dan ekstraksi fitur. Mahasiswa akan mempelajari cara mengubah dan memanipulasi citra digital.

9. Kecerdasan Buatan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kecerdasan buatan, termasuk pembelajaran mesin, jaringan syaraf tiruan, dan logika fuzzy. Mahasiswa akan mempelajari cara membuat program yang dapat belajar dan beradaptasi.

10. Pengembangan Aplikasi Web

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan aplikasi web, termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan kerangka kerja seperti React dan Angular. Mahasiswa akan mempelajari cara membuat aplikasi web yang interaktif dan responsif.


Itulah daftar beberapa mata kuliah yang biasanya diberikan saat kuliah di Jurusan Teknik Informatika. Tentunya masih ada banyak lagi mata kuliah yang bisa dipelajari tergantung dari kurikulum yang ditawarkan oleh perguruan tinggi masing-masing