×

Inilah yang Harus Dilakukan Mahasiswa untuk Mulai Bisnis

Inilah yang Harus Dilakukan Mahasiswa untuk Mulai Bisnis

Mahasiswa yang magang atau bekerja sudah biasa, namun mahasiswa yang punya bisnis tidak banyak. Jangankan untuk berbisnis, bahkan niat saja mungkin tidak punya. Rata-rata mahasiswa selalu mengandalkan IPK dan almamater kampus untuk mencari kerja. Padahal, zaman sekarang mendapatkan pekerjaan tidaklah mudah. Banyak juga alumni yang sudah bertahun-tahun menganggur karena tak kunjung diterima kerja.

Apakah Anda akan selamanya begitu? Mumpung belum terlambat, persiapkan semuanya selagi Anda masih menjadi mahasiswa, bisa berupa skill baru, mencari passion ataupun mempelajari berbagai keterampilan yang sedang banyak dibutuhkan perusahaan. Lebih baik lagi jika Anda ingin mulai berbisnis. Dengan memiliki usaha sendiri, Anda tidak terikat dengan aturan kantor, tidak ada bos yang menyuruh-nyuruh, tidak ada deadline, juga Anda tidak akan berjejalan dengan macetnya lalu lintas di pagi hari.


Setelah timbul niat untuk berbisnis, maka biasanya mahasiswa jadi bertanya-tanya. Saya masih pemula, tidak tahu apa-apa soal bisnis, bingung mau mulai dari mana, atau tidak punya banyak modal.

Kini zaman sudah begitu canggih, Anda bisa memanfaatkan ponsel atau laptop yang dimiliki untuk mencari ilmu dengan gratis lewat internet. Tidak perlu khawatir karena tidak punya modal. Ada begitu banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan dari internet, bahkan ada pula yang tanpa modal sama sekali. Misalnya dengan menjadi dropshipper, menonton video atau membaca artikel pun juga bisa dapat uang, bisa juga dengan menyebarkan link-link untuk belanja online.


Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mulai berbisnis?

Berikut ini cara cerdas yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menentukan peluang mana yang harus dipilih untuk membangun sebuah bisnis, di antaranya :

1. Melihat trend

Untuk mendapatkan ide dan peluang usaha, Anda bisa melihat apa yang sedang trend di pasaran saat ini. Bagaimana caranya? Anda bisa melihat-lihat media sosial dan mencari tahu apa yang banyak dibicarakan dan diminati oleh orang-orang, lalu jadikan sebagai ide dasar, modifikasi dan kembangkan dengan sebuah inovasi. 

2. Ikuti Passion Anda

Salah satu cara untuk mendapatkan peluang usaha adalah dengan cara melihat diri Anda sendiri. Lihat dan ketahui bakat apa yang dimiliki, keahlian atau hobi apa yang ditekuni. Dari sana, Anda bisa mulai mendapatkan ide. Bisnis tidak melulu harus mengikuti trend. Dengan menjalankan bisnis sesuai passion, Anda tentu tidak akan mengalami kesulitan, membuat Anda tidak gampang menyerah. Alasannya, Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan yang muncul akan dihadapi dengan tenang dan fokus. Bisnis yang dijalankan pun bisa berangkat dari hal yang disukai, seperti traveling, camping, dan lainnya. Sudah banyak contoh sukses bisnis yang berangkat dari hobi. 

3. Manfaatkan teknologi

Untuk membantu bisnis tumbuh dengan pesat, manfaatkanlah kecanggihan teknologi. Bisnis online memang sudah bukan lagi pilihan melainkan wajib dicoba, apalagi di era sekarang yang serba digital. Bisnis online akan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi sehingga memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. 

4. Kenali Persaingan

Memiliki produk yang bagus tidak menjamin kesuksesan bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat. Seringkali Anda harus “berbagi keuntungan” dengan kompetitor dan menerapkan strategi perang harga yang cukup sengit. Bagi pebisnis, kondisi ini tentu kurang menguntungkan. Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin dijalankan. Selain itu, Anda juga bisa mencari lingkup bisnis yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain.