×

Kerja Sambil Kuliah, Emang Bisa?

Kerja Sambil Kuliah, Emang Bisa?

Apa Itu Kerja Sambil Kuliah

Kerja sambil kuliah adalah situasi di mana seseorang mengambil pekerjaan paruh waktu / part time bagi mahasiswa dan menggabungkannya dengan kuliah mereka. Pekerjaan paruh waktu ini dapat berupa pekerjaan di perusahaan swasta, seperti guru les, admin sosial media, fotografer, penulis, atau barista. 

Kerja sambil kuliah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan jenjang karir Anda. Namun jika setelah beberapa waktu masih belum beranjak dari jabatan lama, Mungkin sudah saatnya mulai mencari peluang kerja di perusahaan lain yang sesuai dengan kemampuan dan gelar yang dimiliki.

Kerja Sambil Kuliah Ada Manfaatnya?


Berikut manfaat yang akan kamu dapat ketika kerja sambil kuliah :

1. Peluang Naik Jabatan Jadi Tinggi

Naik jabatan menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak karyawan memutuskan untuk kerja sambil kuliah. Semakin hari berganti persaingan kerja semakin sengit dan sangat sulit. Pendidikan dan gelar yang dimiliki seringkali menjadi prioritas penilaian bagi karyawan.

Berbeda dengan pegawai negeri, jenjang jabatan pegawai swasta cenderung tidak serapi dan terstruktur, karena keterampilan dan kemampuan di lapangan lebih diutamakan. Tidak mudah bagi seorang karyawan swasta untuk memperoleh posisi atau jabatan yang lebih tinggi jika latar belakang pendidikan yang dimiliki rendah.

Dengan begitu, akan sulit jika ingin naik pangkat apalagi di zaman serba sulit seperti sekarang. Untuk dapat naik jabatan perlu menyandang gelar dan kemampuan yang lebih mumpuni. Salah satu cara yang bisa dilakukan tidak lain adalah kuliah sambil bekerja.

2. Bayar Biaya Kuliah Jadi Lebih Ringan

Setiap orang pastilah memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Tidak semua orang mudah untuk meneruskan pendidikannya. Waktu dan biaya kuliah kelas karyawan per semester yang tidak sedikit menjadi kendala mendasar yang sering dialami.

Kerja sambil kuliah merupakan cara yang efektif untuk menurunkan beban biaya kuliah. Dengan bekerja, Anda dapat menggunakan uang yang Anda hasilkan untuk membayar biaya kuliah Anda. Ini merupakan cara yang baik untuk menjaga biaya kuliah tetap rendah dan meringankan beban ekonomi Orang Tua dan diri Sendiri. 

3. Mendapatkan Relasi Dengan   Orang-orang Berkualitas Seluas-luasnya

Dengan berkerja sambil kuliah, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang cerdas, humble (rendah hati), berpengalaman dan memiliki kualitas yang tinggi dalam berbagai bidang. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Anda sehingga Anda dapat membangun karir yang jauh lebih tinggi. Selain itu, relasi yang Anda buat dapat menjadi jembatan untuk Anda mengatur diri Anda dengan mengikuti kebiasaan orang-orang sukses! 

Baca Juga : Cara Memanage Uang Untuk Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Kerja

Bagaimana Cara Mengatur Waktu Kerja Yang Disambi Kuliah?


Anda tidak perlu khawatir jadwal kuliah akan bentrok dengan waktu bekerja Anda karena kini sudah banyak universitas yang memiliki program reguler kelas malam atau yang lebih sering disebut dengan kelas karyawan.

Kelas karyawan ini merupakan kelas yang dikhususkan untuk mereka yang bekerja sambil menuntut ilmu.

Dengan membuat jadwal rutin yang mencakup seluruh kegiatan anda mulai dari kuliah hingga pekerjaan Anda, dan membuat keputusan yang tepat untuk menggunakan waktu anda, serta mengurangi waktu yang Anda habiskan dalam aktivitas yang tidak terkait dengan kerja atau kuliah, anda bisa memulai perjalanan anda untuk kerja sambil kuliah.

Bagaimana Cara Memulai Kerja Sambil Kuliah? Apa Yang Harus Dipikirkan?


Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk kerja sambil kuliah, di antaranya sebagai berikut :

1. Tentukan Goals atau Tujuan

Untuk apa Anda melanjutkan kuliah, untuk menambah pengalaman baru atau justru untuk mendapatkan uang tambahan.

2. Pilih Universitas Terbaik dengan Biaya Kuliah Terjangkau

Pastikan Anda memilih universitas dengan biaya kuliah online termurah dan sesuai dengan bujet atau penghasilan yang dimiliki supaya keuangan Anda tidak terganggu.

3. Tentukan Fakultas atau Jurusan yang akan diambil

Sesuaikan fakultas atau jurusan dengan minat dan keahlian Anda serta setidaknya dapat menunjang karir Anda di masa depan.

4. Temukan Kampus dan Jurusan yang memiliki Akreditasi Baik atau Baik Sekali

Mengapa? Akreditasi yang bagus menjadi salah satu pertimbangan yang diprioritaskan. Misalnya sebagai syarat untuk mendaftar sebagai pegawai  pemerintahan, mengikuti tes CPNS, mendapatkan beasiswa dan lain sebagainya.

5. Pastikan Lokasi Kampus Dekat dengan Tempat Kerja atau Tempat Tinggal

Jika Anda tidak mempertimbangkan jarak, bisa jadi Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk transportasi menuju kampus. Selain itu waktu Anda jadi terbuang sia-sia di perjalanan.

6. Fleksibel dari sisi Jadwal Perkuliahan

Jangan sampai jadwal kuliah bentrok dengan waktu kerja. Anda bisa mengambil kelas malam atau mungkin bisa memilih kelas weekend.

Daftar Universitas Yang Bisa Sambil Kerja


Universitas STEKOM telah membuka kuliah online kelas karyawan murah dengan biaya kuliah hanya 398 ribu / bulan!

Lebih dari 6.000+ mahasiswa tergabung dan terbukti, 90% - 95% mahasiswa Universitas STEKOM sudah memperoleh pekerjaan sebelum lulus kuliah!

Satu - satunya di Asia! Universitas STEKOM memiliki kerja sama Eksklusif dengan Toploker.com, platform pencarian kerja terupdate dengan lebih dari 1000 lowongan pekerjaan terbaru setiap hari.

Lebih dari 100.000++ perusahaan di seluruh Indonesia sedang menanti anda.


Berikut 8 daftar kampus yang menyediakan kelas karyawan, kelas yang di khususkan untuk Anda yang ingin bekerja sambil kuliah :

1. Universitas STEKOM Semarang Majapahit 605 - Pusat Kampus (Recommended)

2. Universitas STEKOM Semarang Majapahit 304 - Kampus Favorit 1

3. Universitas STEKOM Semarang Siliwangi - Kampus Favorit 2

4. Universitas STEKOM Kendal - Kampus Favorit 3

5. Universitas STEKOM Ungaran

6. Universitas STEKOM Ambarawa

7. Universitas STEKOM Weleri

8. Universitas STEKOM Sruwen Salatiga


Jurusan Yang Cocok Untuk Kerja Sambil Kuliah


1. Manajemen

Manajemen merupakan salah satu jurusan yang cocok untuk kuliah sambil kerja. Jurusan ini akan memberikan Anda pengetahuan tentang cara terbaik untuk mengelola perusahaan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Anda juga akan mempelajari bagaimana mengatur tim dan membuat strategi untuk mencapai tujuan. Dengan mempelajari manajemen, Anda akan belajar tentang proses bisnis dan teknik manajemen.

2. Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan pilihan yang tepat untuk kuliah sambil kerja. Di jurusan ini, Anda akan belajar tentang teknologi dan bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Selain itu, Anda juga akan mempelajari tentang cara mengelola data, membangun sistem informasi, dan bahkan membuat aplikasi.

3. Akuntansi

Akuntansi merupakan jurusan yang tepat untuk kuliah sambil kerja. Di jurusan ini, Anda akan belajar tentang cara mengelola keuangan dan bagaimana cara mengukur laba dan rugi. Anda juga akan mempelajari cara mengatur pengeluaran, mengawasi aset, dan mengatur perpajakan. Dengan mempelajari akuntansi, Anda akan menjadi lebih ahli dalam mengelola keuangan perusahaan.

4. Desain Grafis

Desain Grafis adalah salah satu jurusan yang cocok untuk kuliah sambil kerja. Program studi ini akan membantu pekerja dalam membuat desain grafis yang berkualitas untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Mahasiswa akan mempelajari tentang desain grafis, desain web, animasi, dan lainnya.

5. Psikologi

Psikologi adalah salah satu jurusan yang cocok bagi siswa yang tertarik dengan perilaku manusia. Program ini memungkinkan siswa untuk mempelajari berbagai aspek psikologi, termasuk psikologi klinis, psikologi sosial, dan psikologi organisasi. Program ini cocok bagi siswa yang memiliki kemampuan analitis yang baik dan ingin menjadi ahli psikologi.

Kelima jurusan ini merupakan pilihan yang tepat untuk kuliah sambil kerja. Dengan mengambil salah satunya, Anda akan belajar tentang bagaimana cara mengelola usaha dan bagaimana cara mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan professional skill yang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. Jadi, jika Anda ingin memperoleh proffesional skill tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil salah satu dari kelima jurusan ini.

Kuliah Sambil Kerja Dengan Biaya Terjangkau? Bisa Banget

Memilih Universitas dengan biaya kuliah kelas karyawan terjangkau bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin bekerja sambil kuliah.

Sayangnya, biaya kuliah kelas karyawan di kebanyakan perguruan tinggi masih sangat mahal karna calon mahasiswa yang juga pekerja dianggap sudah mampu membayar biaya kuliah sendiri. Faktanya, calon mahasiswa mengambil kelas karyawan ini karna banyak kebutuhan dan prioritas yang harus dipenuhi.

Namun jangan khawatir, Universitas STEKOM telah menyediakan solusi untuk kamu yang ingin Kuliah Online, Sambil Kerja, Cepat Lulus dengan Biaya Terjangkau

Anda hanya perlu membayar Rp 398 ribu saja perbulan untuk biaya kuliah, dan fasilitas kelas karyawan yang anda dapatkan secara Gratis adalah :



Ekslusif Member VVIP TopLoker.com Gratis Selamanya



Platform Wirausaha Mahasiswa Terintegrasi Shopee & Tokopedia



50 Course Digitgal Marketing, Bonus Kit Marketing Lengkap



Webinar Rutin Skala Internasional (Inggris, Ukraine, India, Mandarin, Malaysia)



Puluhan Club Unit Kegiatan Mahasiswa Berorientasi Industri



Pasti Diterima Kerja Sebelum Lulus dan Siap Bersaing dengan

Job Fair Rutin bersama Tokoh Sukses Setiap Bulan!