×

Problematika Mahasiswa Ketika Memutuskan untuk Kuliah Sambil Bekerja

Problematika Mahasiswa Ketika Memutuskan untuk Kuliah Sambil Bekerja

Problematika pada mahasiswa yang bekerja memang komplek. Pada dasarnya setiap mahasiswa menginginkan setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan baik, namun tak mudah untuk mahasiswa yang memiliki peran ganda yaitu kuliah sambil bekerja.

Pastinya mahasiswa harus memutar otak untuk dapat mengatasinya dengan baik dan banyak belajar bagaimana membagi waktu. Kebutuhan yang semakin banyak sering mengakibatkan mahasiswa menjadi tertantang untuk terjun masuk ke dunia kerja.

Mahasiswa yang berasal dari keluarga mampu dari segi materi tidak akan pusing dalam menempuh pendidikannya, karena biaya pendidikan dan kebutuhan hidup bisa tercukupi dengan mudah. Namun, bagi mereka yang keluarganya tidak mampu akan terbebani apabila uang saku yang diberikan dari orang tua hanya cukup untuk biaya hidup saja.

Tuntutan biaya hidup dan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menempuh perkuliahan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sehingga, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan tetap melanjutkan kuliah sambil bekerja.


Problematika Kuliah Sambil Bekerja

1. Kelelahan Secara Fisik

Setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda dalam dirinya. Ada yang memiliki kondisi fisik sehat dan kuat dalam beraktivitas sepanjang hari, ada juga yang baru beraktivitas sedikit saja sudah merasa capek. Pasalnya, setiap beban kerja yang diterima seseorang harus sesuai kemampuan fisik, kognitif, dan juga keterbatasan kesehatan manusia dalam menjalani beban kerja tersebut.

2. Konsentrasi Terpecah

Dengan memiliki banyaknya kegiatan, seperti kuliah dan bekerja paruh waktu akan menimbulkan kurangnya fokus dalam menjalani aktivitas tersebut. Karena kurangnya waktu untuk beristirahat akan menyebabkan kita mudah mengantuk dan terganggunya konsentrasi.

3. Kegiatan Belajar tidak Maksimal

Setiap mahasiswa pasti menginginkan untuk mendapat hasil dan prestasi yang baik. Jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari yang akhirnya menyebabkan masalah baru dalam pekerjaan karena terbentur dengan nilai dan prestasi yang menurun di kampus.

Berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memutuskan untuk menjalani peran ganda sebagai mahasiswa dan pekerja. Usahakan sudah memahami konsekuensinya yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Prioritaskan yang menjadi tujuan utama Anda, dan jangan sampai mengorbankan salah satu di antaranya.