×

Tentang KIP Kuliah, Manfaat, dan Syarat

Tentang KIP Kuliah, Manfaat, dan Syarat


Banyak mahasiswa yang mengeluhkan mahalnya biaya kuliah di perguruan tinggi. Mahasiswa sering merasa kesulitan untuk membayar biaya kuliah, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu, biaya hidup di kota-kota besar juga menjadi beban tambahan bagi mahasiswa.

Bagi banyak mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, harapan untuk mendapatkan bantuan kuliah sangatlah besar salah satunya program KIP Kuliah. Bantuan kuliah ini sangat penting dalam membantu mereka mengatasi biaya kuliah yang mahal dan juga biaya hidup sehari-hari selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.



KULIAH DI UNIVERSITAS
TERBAIK JAWA TENGAH

BIAYA KULIAH DAPAT DICICIL 398 RIBU / BLN !
DAFTAR SEKARANG 150 RIBU !


Banyak mereka yang pantas mendapat bantuan dari program KIP Kuliah untuk mewujudkan impian mereka dalam mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah bentuk bantuan keuangan pemerintah yang ditawarkan kepada lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat yang menunjukkan potensi akademik yang kuat tetapi berasal dari keluarga kurang mampu. Tujuan utama dari program ini adalah untuk memungkinkan mereka melanjutkan pendidikan tinggi, dengan tujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi dan mobilitas sosial.

Manfaat KIP Kuliah 2023

Manfaat KIP Kuliah Merdeka 2023 yang utama adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi). Selain itu, bantuan biaya hidup juga akan diberikan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang terpilih.

Persyaratan KIP Kuliah 2023

Berikut persyaratan penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2023 :

  • 1. Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  • 2. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik atau Perguruan Tinggi Vokasi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi;
  • 3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.


Persyaratan Ekonomi Sebagai Kip Kuliah Merdeka Tahun 2023

Persyaratan ekonomi penerima KIP Kuliah Merdeka adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang dibuktikan dengan:

  • 1. Mahasiswa pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah;

  • 2. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti:

    • a. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH);

    • b. Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK); c. Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT);

  • 3. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; 

  • 4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan;

  • 5. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:

    • a. Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000; dan

    • b. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/ kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Referensi:
KIP Kuliah. Link: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/  (diakses 9 Mei 2023).
Pedoman pendaftaran KIP Kuliah 2023. Link: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/uploads/Pedoman-Pendaftaran-KIP-Kuliah-2023_390b95.pdf
TAGS