×

Anak Kuliahan Tapi Juga Karyawan

Anak Kuliahan Tapi Juga Karyawan

Kalian pernah ga sih denger kata orang bilang kalo misalnya anak kuliahan itu pada mau cepet cepet kerja, yang udah kerja malah mau kuliah lagi terus orang orang yg kuliah sambil kerja pengen bobok aja dan iya sih aku setuju, and here i am.

Kenalin aku Andini anak kuliahan semester 3 yang ikut organisasi di kampus sambilan full time sebagai kasir. Untuk urusan pekerjaan tetap harus profesional namun tidak lupa bahwa sebagai mahasiswa, perkuliahan itu nomor satu, karena ada aja orang yang sedang kuliah sambil bekerja dan ketika mengenal uang dia lupa akan kewajibannya sebagai mahasiswa.

Menjadi mahasiswa tidak hanya tentang mendapat nilai A dan IPK tinggi, ada prestasi lain yang harus dicapai agar kita menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki keterampilan hidup memadai.


Memang capeknya akan jauh lebih ekstra kalau kuliah sambil kerja karena disatu sisi harus fokus sama kerjaan disatu sisi fokus sama kuliah. Meskipun suka keteteran tapi ini 2 tips dari aku untuk atur waktu kuliah sambil kerja.

Pertama, temui flow perkuliahan secepat mungkin. Coba rasain kesibukan perkuliahannya, jam kuliah serta berapa padat penugasannya. Ini bisa jadi langkah awal untuk jenis pekerjaan yang bisa diambil, misal kuliah kamu jamnya di semester itu kelas pagi dan selesainya siang berarti bisa ambil pekerjaan part time yang sore - malam. 

Kedua, prioritaskan tugas. Karena masih berkuliah tentu tanggung jawab perkuliahan atau tugas kuliah itu jadi yang utama, manfaatin waktu yang ada buat selesaikan tugas secepat mungkin.

Apa manfaat yang aku didapat dengan kuliah sambil kerja? Yang pasti setelah lulus SMA, aku udah agak lupa kapan terakhir minta uang jajan sama orang tua, bahkan uang kuliah sudah bukan lagi menjadi tanggung jawab mereka. Juga soft skill mulai terasah, koneksi meluas dan semakin tahu membagi waktu dan menyusun rencana, terutama yang menjadi skala prioritas. Kuliah sambil kerja, apapun bentuknya tetap saja nomor dua, nomor satunya adalah IPK bagus dan lulus tepat waktu.

Nah sekarang mana nih yang mau kuliah sambil kerja?