×

INSPIRING PROFESSIONAL Menjadi Guru Powerful dengan Growth Mindset

INSPIRING PROFESSIONAL Menjadi Guru Powerful dengan Growth Mindset

Semarang, 20 Januari 2024 Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) bekerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM, Sukses dalam menyelenggarakan Inspiring Professional dengan tema Menjadi Guru Powerful dengan Growth Mindset.

 

Acara Inspiring Professional Menjadi Guru Powerful dengan Growth Mindset tersebut diselenggarakan Sabtu, 20 Januari 2024 Pukul 12.30 s.d 14.30 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

Inspiring Professional ini di meriahkan oleh Dr. Joseph Teguh Santoso, M.kom. (Rektor Universitas STEKOM) sebagai Sambutan, Dr. Mampuono, M.Kom. (Ketua Umum PTIC) sebagai Opening, Hariyono, M.Pd. (Ketua Harian IV PP PTIC) sebegai Moderator, M. Sholikhan, M. Kom. (Wasekjen I PP PTIC) sebagai Closing Statement, dan Narasumbernya utamanya yaitu Emi Sartika (Teacher, Happiness Inside Trainer Counsellor).

 


Dalam pemaparan narasumber, Emi Sartika (Teacher, Happiness Inside Trainer Counsellor). Menjelaskan tentang Menjadi Guru Powerful dengan Growth Mindset. Menjadi guru yang powerful dengan growth mindset adalah tentang mengadopsi sikap mental yang terbuka terhadap pembelajaran dan pertumbuhan, serta menginspirasi siswa untuk melakukan hal yang sama. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda menjadi guru yang powerful dengan growth mindset:

 

1. Terus Belajar: Jadilah contoh yang baik dengan menunjukkan bahwa Anda sendiri terus belajar dan berkembang. Ambil kursus, ikuti pelatihan, baca buku, dan jangan ragu untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda.

2. Berbagi Pengalaman: Sampaikan kepada siswa Anda pengalaman Anda dalam menghadapi tantangan dan bagaimana Anda menggunakan mindset pertumbuhan untuk mengatasi mereka. Ini dapat membantu mereka melihat bahwa kemampuan mereka dapat berkembang melalui usaha dan ketekunan.

3. Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif: Ketika memberikan umpan balik kepada siswa, fokuslah pada proses dan usaha yang mereka lakukan, bukan hanya hasil akhirnya. Dorong mereka untuk melihat kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang.

4. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman: Pastikan bahwa kelas Anda adalah tempat di mana kesalahan diterima dan dihargai sebagai bagian alami dari proses belajar. Dorong siswa untuk mengambil risiko intelektual dan eksplorasi yang kreatif.

5. Memotivasi dengan Pujian yang Membangun: Gunakan kata-kata yang positif dan pujian yang spesifik untuk menguatkan usaha dan ketekunan siswa. Hindari pujian yang terlalu umum yang bisa membuat siswa merasa bahwa prestasi mereka tidak terkait dengan usaha mereka.

6. Menetapkan Tujuan yang Realistis: Bantu siswa Anda menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan waktu-bertentangan (SMART). Dorong mereka untuk melihat kegagalan sebagai bagian dari proses menuju pencapaian tujuan mereka.

7. Mengajarkan Strategi Belajar Efektif: Ajarkan siswa Anda tentang strategi belajar yang efektif, seperti bagaimana mengatur waktu, mengatasi hambatan, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

8. Melibatkan Siswa dalam Proses Pembelajaran: Berikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran mereka sendiri. Dorong kolaborasi, diskusi, dan refleksi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi pelajaran.

9. Mendorong Keteladanan: Jadilah teladan bagi siswa Anda dengan menunjukkan sikap positif, kerja keras, dan ketekunan dalam menjalani proses belajar dan mengatasi tantangan.

10. Membangun Komunitas Belajar: Dukung pembentukan komunitas belajar di kelas Anda di mana siswa merasa didukung dan dihargai satu sama lain dalam upaya mereka untuk tumbuh dan berkembang.

 

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam praktik mengajar Anda, Anda dapat menjadi guru yang powerful dengan growth mindset yang memotivasi dan menginspirasi siswa untuk meraih potensi mereka yang penuh. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/cEUHmungUMs?si=f4pXgiRFTBuA_Jks