×

INSPIRING PROFESSIONAL Pembuatan Buku Digital Berbasis Multimedia

INSPIRING PROFESSIONAL Pembuatan Buku Digital Berbasis Multimedia

Semarang, 16 Desember 2023 Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) bekerjasama dengan Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM), dan TopLoker.com, Sukses dalam menyelenggarakan Inspiring Professional dengan tema Pembuatan Buku Digital Berbasis Multimodal.

 

Acara Inspiring Professional Pembuatan Buku Digital Berbasis Multimodal tersebut diselenggarakan Sabtu, 16 Desember 2023 Pukul 12.30 s.d 14.30 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

Inspiring Professional ini diisi oleh Dr. Joseph Taguh Santoso, M.Kom. (Rektor Universitas STEKOM Semarang) sebagai Sambutan, Dr. Mampuono, M.Kom. (Ketua Umum PP PTIC) sebagai Opening, Eko Hadi Saputra (Penasehat PTIC Kab. Sambas Kepala Sekolah Inovatif 2023) sebagai Narasumber, Alkindi, S.Pd. (Ketua PTIC Wilayah Kalbar) sebagai Moderator, dan Wawan, S.Pd., M.Si. (Waktum II PP PTIC) sebagai Closing Statment.

 


Dalam pemaparan narasumber, Eko Hadi Saputra (Penasehat PTIC Kab. Sambas Kepala Sekolah Inovatid 2023) menjelaskan tentang Pembuatan Buku Digital Berbasis Multimodal. Pembuatan buku digital berbasis multimodal melibatkan penggabungan berbagai elemen modal seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktivitas untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya dan menarik. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pembuatan buku digital berbasis multimodal:

1. Perencanaan: Tentukan tujuan dan sasaran buku digital, Identifikasi audiens target dan kebutuhan mereka, dan Pilih topik atau materi yang akan disajikan.

2. Desain Konten: Tentukan struktur dan alur konten, Pisahkan konten menjadi unit yang lebih kecil untuk memudahkan pemahaman, dan Tentukan bagaimana modalitas akan digunakan untuk mendukung informasi, seperti penggunaan gambar, video, atau audio pada bagian tertentu.

3. Pemilihan Platform: Pilih platform atau alat pembuat buku digital yang mendukung multimodalitas, Contoh platform termasuk iBooks Author, Adobe InDesign, atau alat pembuat buku digital lainnya.

4. Pembuatan Konten Teks: Tulis teks dengan bahasa yang jelas dan sesuai dengan audiens target, Gunakan format yang sesuai dengan platform yang Anda pilih.

5. Penggunaan Gambar dan Grafis: Sisipkan gambar, grafis, dan ilustrasi yang mendukung teks. Dan Pastikan gambar memiliki resolusi yang memadai dan relevan dengan konten.

6. Integrasi Audio dan Video: Sisipkan audio dan video yang mendukung konsep atau topik tertentu, dan Pastikan bahwa file multimedia sesuai dengan format yang didukung oleh platform.

7. Interaktivitas: Tambahkan elemen interaktif seperti quiz, pertanyaan, atau aktivitas lainnya untuk meningkatkan keterlibatan pembaca, dan Pastikan bahwa interaktifitas dapat diakses dengan baik di platform yang Anda pilih.

8. Uji Coba dan Evaluasi: Uji buku digital pada berbagai perangkat untuk memastikan kompatibilitas, dan Mintalah umpan balik dari kelompok target untuk perbaikan lebih lanjut.

9. Publikasi: Pilih cara distribusi yang sesuai, seperti penjualan melalui platform online atau distribusi internal dalam sebuah organisasi.

10. Pemeliharaan dan Pembaruan: Tetap pemeliharaan dan perbarui buku digital untuk mencerminkan perubahan dalam konten atau teknologi.

 

Pastikan selalu mematuhi hak cipta dan aturan distribusi digital saat membuat dan mendistribusikan buku digital berbasis multimodal. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/G8pWdN_PZ0o?si=7pZyLjaszH1pUXa4