×

Semua Ada Jalannya

Semua Ada Jalannya

Hai semua.. Namaku Yosua lengkapnya Yosua Mika, asalku dari Kalimantan Barat. Aku mahasiswa Universitas STEKOM angkatan 2017.  Tahun 2022 yang lalu aku lulus dan resmi menjadi alumni Universitas STEKOM. 

Okay.. Disini aku ingin berbagi kisah inspirasiku. Aku anak pertama dari 4 bersaudara, aku tumbuh ditengah keluarga yang sederhana. Kedua orang tuaku petani. Kesibukanku sekarang adalah bekerja sebagai freelancer. Dulu setelah Lulus SMA aku pernah mendaftar PTN, melalui jalur seleksi nasional, dulu namanya SNMPTN dan SBMPTN di tahun 2017, sekaligus waktu itu daftar Bidik Misi dari pemerintah. Bidik Misinya lolos, namun gagal diseleksi SNMPTN & SBMPTN, akhirnya Bidik Misi-nya juga hangus dan tidak bisa digunakan untuk jalur mandiri. Setelah kegagalan itu, aku sempat putus asa (hampir memutuskan untuk tidak kuliah). 


Namun aku berpikir lagi dan merenungkan perkataan di dalam khotbah kakek di gereja yang pernah terlintas di bawah sadarku, bahwa kita tuh punya harapan dan masa depan. aku ingin mengutip satu Firman dalam Alkitab, bunyinya : "Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang". Akhirnya setelah merenungkannya, rasa putus asa itu aku buang jauh-jauh, dengan yakin aku percaya Tuhan pasti punya rencana yang indah untuk masa depanku. Satu hal yang terus aku tanamkan dalam diri yaitu "Beranilah mencoba sesuatu yang baik, Explore apapun yang membawamu berkembang menjadi yang lebih baik"

Lalu aku pun mencoba lagi untuk mendaftar kuliah. Di Gereja tempat aku melayani. kakek sebagai gembala disana, kemudian menyarankan hubungi om di semarang dan waktu itu om menawarkan Universitas STEKOM. Tanpa berpikir panjang, saat itu aku langsung siap lalu berangkat dari KalBar dan merantau ke semarang.

Singkat cerita aku mulai berkuliah di Universitas STEKOM - Cabang Ungaran jurusan Desain Grafis angkatan 2017. 

Masuk di semester 3, beasiswa full yang dulu aku harapkan Tuhan jawab di STEKOM-Cabang Ungaran. Aku semakin yakin dengan rencana Tuhan. Seiring berjalannya perkuliahan, tidak ada tekanan yang begitu berat, justru sangat menyenangkan. IP disetiap semester puji Tuhan di atas 3,00. Banyak ilmu yang aku terima juga selama kuliah, khususnya dibidang Desain. Dari sebelumnya 0 pemahaman tentang Desain dan sempat berpikir (sepertinya tidak ada prospek kedepan untuk Desainer Grafis) setelah belajar banyak tentang komputer Grafis dan melihat perkembangan teknologi diera digital, pikiran itu berubah menjadi (this is my hope/dream) ini harapan/mimpiku. Aku berpikir harus di coba. Akupun mencoba menekuni bidang ini sampai bisa menghasilkan cuan (uang) sendiri dari menjadi desainer grafis, konten kreator, dan freelancer. 


Aku terus mengasah skill ku meskipun laptop yang aku gunakan speknya masih rendah banget tapi aku bersyukur bisa menyelesaikan semua tugas kampus dengan baik, bahkan sering pinjam-pinjaman laptop sama teman satu kelas jika ada tugas yang membutuhkan aplikasi berat "disini aku juga menyadari bahwa selagi kita ada kemauan untuk berusaha pasti ada jalan yang Tuhan sediakan baik dari teman-teman kita ataupun melalui siapapun".

Lanjut.. masuk semester akhir aku magang dan melakukan penelitian di LSM-SAIN GGBI. Lengkapnya bisa cek jurnal ku disini ya.. hehe . Waktu itu direkomendasikan oleh satu anggota tim SAIN (aku menganggap ibu aku juga), beliau mengajak aku mengerjakan beberapa project untuk SAIN GGBI, saat itu spontan aku menjawab “baik bu saya mau mencoba".

Aku mengerjakan project sambil menyelesaikan Skripsi dengan pinjaman laptop dari SAIN. Lanjut... Kemudian aku pun menyelesaikan studiku di Universitas STEKOM, dan aku di Wisuda Tahun 2022. Kemauan dan usaha yang aku lakukan bersama Tuhan dan orang-orang disekitarku membuahkan hasil yang luar biasa. 

Aku juga sangat bersyukur, setelah menabung selama 1 tahun dari hasil freelance yang aku tekuni, akhirnya aku bisa membeli PC Gaming sendiri. Puji Tuhan banyak pencapaian yang aku dapat setelah lulus dari Universitas STEKOM. Diantaranya, mengerjakan beberapa project visual branding (logo), yaitu logo Keiki Kids Gym Semarang dan I CAN Tangerang. Menjadi Freelancer Sosial Media dan Konten Kreator di beberapa instansi / perusahaan.


Jadi.. ini sharing ku untuk kita semua. "Jangan berhenti berpengharapan, karena itu kekuatan besar dalam kehidupan. Tidak apa - apa berhenti untuk istirahat, setelah itu bangun dan lakukan lagi. Ketika kita mau mencoba, berusaha dan terutama berdoa, niscaya atas seijin Tuhan hasil tidak akan mengkhianati perjuanganmu teman. Yukk.. explore lagi hal baik lainnya, ketika kita mau Tuhan pasti buka jalan, tentu dengan jalan yang benar". Semangat !