×

INTERNATIONAL Visiting Lecture Business Storytelling: Engage, Influence & Inspire with Your Narrative

INTERNATIONAL Visiting Lecture Business Storytelling: Engage, Influence & Inspire with Your Narrative

Semarang, 15 November 2023 University Poly Tech Malaysia (Malaysia) organized by University of Science & Computer Technology (STEKOM) collaboration with STIE STEKOM, PERKIVI, PTIC and TopLoker.com, Sukses dalam menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema Business Storyteling: Engage, Influence & Inspire with Your Narrative.

 

Acara Webinar Internasional Business Storytelling: Engage, Influence & Inspire with Your Narrative tersebut diselenggarakan Rabu, 15 November 2023 Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

Internasional Visiting Lecture ini diisi oleh Dr. Nathasya Mohd Kamal (Senior Lecturer FBASS) menjerlaskan tentang Business Srotytelling: Engage, Influence & Inspire with Your Narrative (Penceritaan Bisnis: Libatkan, Pengaruhi & Inspirasi dengan Narasi Anda) Bercerita bisnis adalah praktik menggunakan teknik naratif untuk menyampaikan informasi, melibatkan, membujuk, atau menginspirasi dalam konteks bisnis atau profesional. Ini melibatkan penggunaan cerita dan anekdot secara strategis untuk mengkomunikasikan pesan, nilai, dan ide kepada berbagai pemangku kepentingan, seperti karyawan, pelanggan, investor, atau mitra.

 

Penceritaan bisnis memiliki kekuatan untuk tidak hanya menginformasikan tetapi juga menginspirasi, memotivasi, dan membentuk persepsi. Dengan melibatkan audiens, mempengaruhi pikiran mereka, dan menyajikan cerita yang menginspirasi, narasi bisnis dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, mitra, dan karyawan. Berikut adalah beberapa prinsip untuk membangun penceritaan bisnis yang kuat:

1. Libatkan Audiens dengan Pengalaman Pribadi: Mulailah dengan cerita pribadi yang relevan dengan nilai atau misi bisnis Anda. Ceritakan perjalanan atau tantangan yang Anda hadapi dalam membangun bisnis. Gunakan detail-deskripsi untuk membawa audiens ke dalam pengalaman Anda. Biarkan mereka merasakan emosi, kesulitan, dan kemenangan yang Anda rasakan.

2. Pertahankan Fokus pada Nilai dan Misi: Jelaskan dengan jelas nilai inti dan misi bisnis Anda. Pastikan bahwa cerita Anda mendukung dan mencerminkan nilai-nilai ini. Tunjukkan bagaimana nilai-nilai tersebut tercermin dalam setiap tindakan dan keputusan yang Anda buat dalam bisnis Anda.

3. Manfaatkan Visual dan Imajinasi: Gunakan gambaran visual dan imajinatif untuk mengeksplorasi ide-ide atau konsep-konsep yang kompleks. Visualisasi dapat mempermudah pemahaman dan meningkatkan daya tarik cerita. Pertimbangkan untuk menggunakan media visual seperti gambar, video, atau grafik untuk menambahkan dimensi visual pada penceritaan bisnis Anda.

4. Berbagi Tantangan dan Rintangan: Jangan takut untuk berbagi tantangan dan rintangan yang dihadapi bisnis Anda. Ini menciptakan relatabilitas dan kejujuran. Ceritakan bagaimana Anda mengatasi kendala tersebut, menunjukkan ketahanan dan inovasi dalam menghadapi hambatan.

5. Sertakan Karakter yang Kuat: Bangun karakter, baik itu karyawan, pelanggan, atau bahkan produk atau layanan Anda. Berikan dimensi dan kepribadian pada elemen-elemen ini untuk membuat cerita lebih menarik. Tunjukkan bagaimana karakter-karakter ini berkontribusi pada keberhasilan atau pertumbuhan bisnis Anda.

6. Jaga Ritme dan Keseimbangan: Pertahankan ritme yang menarik. Jangan biarkan cerita menjadi monoton atau terlalu teknis. Seimbangkan antara elemen-elemen positif dan negatif untuk memberikan nuansa yang realistis.

7. Tangkap Perhatian dengan Pembukaan yang Kuat: Mulailah dengan pembukaan yang kuat untuk menangkap perhatian audiens. Ini bisa berupa anekdota menarik, pertanyaan yang memikat, atau pernyataan mengejutkan. Pastikan pembukaan tersebut memberikan gambaran tentang pesan utama yang ingin Anda sampaikan.

 

Dengan memadukan elemen-elemen ini, Anda dapat menciptakan penceritaan bisnis yang kuat, merangsang emosi, dan membangun koneksi yang berarti dengan audiens Anda. Penceritaan yang baik dapat membentuk persepsi, membangun kepercayaan, dan mengilhami tindakan. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/5ks1ByZl4J0?si=hu6jRTds8qlxpfCs