×

INTERNATIONAL Visiting Lecture Human Resource Management

INTERNATIONAL Visiting Lecture Human Resource Management

Semarang, 24 November 2023 University of Sindh (Pakistan) organized by Universtiy of Science & Computer Technology (STEKOM) collaboration with STIE STEKOM, PERKIVI, PTIC and TopLoker.com, Sukses dalam menyelenggarakan International Visiting Lecture dengan tema Human Resource Management.

 

Acara International Visiting Lecture Human Resource Management tersebut diselenggarakan Jumat, 24 November 2023 Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 


Webinar Internasional Visiting Lecture ini diisi oleh Homan Memon PhD (Lecturer and Assistant Registrar) menjelaskan tentang Human Resouce Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Apa itu Manajemen Sumber Daya Manusia? Manajemen Sumber Daya Manusia mengacu pada proses perekrutan, pemilihan, perekrutan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan karyawan. Menurut Edwin Flippo, ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, dan pemeliharaan orang-orang untuk tujuan berkontribusi pada tujuan organisasi, individu, dan sosial.

 

Aspek Kesejahteraan. Ini berkaitan dengan kondisi kerja, dan fasilitas seperti kantin, creches, ruang istirahat dan makan siang, perumahan, transportasi, bantuan medis, pendidikan, kesehatan dan keselamatan, fasilitas rekreasi, dll.

 

Aspek Tenaga Kerja atau Personalia. Hal ini berkaitan dengan perencanaan ketenagakerjaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, transfer, promosi, pelatihan dan pengembangan, PHK dan penghematan, remunerasi, insentif, produktivitas, dll.

 

Aspek Hubungan Industrial. Ini mencakup hubungan manajemen serikat pekerja, konsultasi bersama, perundingan bersama, pengaduan dan tindakan disipliner, penyelesaian perselisihan, dll.

 

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu pendekatan atau proses yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia di suatu organisasi. Tujuan utama dari manajemen sumber daya manusia adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat, produktif, dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi. Beberapa konsep kunci dalam manajemen sumber daya manusia melibatkan perekrutan, pelatihan, pengembangan, penghargaan, dan pemeliharaan karyawan. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia:

 

1. Rekrutmen dan Seleksi: Proses ini melibatkan penarikan, pemilihan, dan penempatan karyawan yang tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi. Rekrutmen mencakup strategi pemasaran perusahaan kepada calon karyawan potensial.

2. Pelatihan dan Pengembangan: MSDM bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik. Ini melibatkan pelatihan awal, pelatihan berkelanjutan, dan pengembangan karir.

3. Evaluasi Kinerja: Manajemen sumber daya manusia terlibat dalam mengevaluasi kinerja karyawan secara teratur. Proses ini membantu menilai kontribusi karyawan terhadap tujuan organisasi dan memberikan umpan balik untuk pengembangan lebih lanjut.

4. Penggajian dan Kompensasi: MSDM bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan gaji, manfaat, dan insentif. Hal ini melibatkan pemastian bahwa kompensasi yang diberikan sebanding dengan kontribusi dan kinerja karyawan.

5. Manajemen Hubungan Karyawan: Mengelola hubungan antara manajemen dan karyawan adalah bagian penting dari MSDM. Ini melibatkan penanganan konflik, komunikasi efektif, dan memastikan kesejahteraan karyawan.

6. Kesejahteraan Karyawan: Manajemen sumber daya manusia juga berperan dalam memastikan kesejahteraan karyawan. Ini melibatkan kebijakan kesehatan, keamanan kerja, dan berbagai program kesejahteraan.

7. Pemisahan Karyawan: MSDM terlibat dalam manajemen pemisahan karyawan, termasuk pemutusan hubungan kerja, pensiun, atau pindah jabatan.

8. Kebijakan dan Kepatuhan Hukum: Membuat dan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan internal dan peraturan hukum yang berlaku terkait dengan ketenagakerjaan.

 

Manajemen Sumber Daya Manusia menjadi kunci dalam mencapai keberhasilan organisasi dengan memastikan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki dapat bekerja secara efektif dan efisien. Pendekatan MSDM yang baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif, memotivasi karyawan, dan mendukung pertumbuhan jangka panjang organisasi. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di  https://www.youtube.com/live/mz1Rt4bHfWc?si=1vzyhRc25L7qwNxM