×

INTERNATIONAL VISITING LECTURE National Peculiarities of Business Communication

INTERNATIONAL VISITING LECTURE National Peculiarities of Business Communication

Semarang, 8 Desember 2023 University of Custom and Finance (Ukraine), is organized in partnership and supported by STEKOM University (ranked 1st Best Private Higher Education Center in Central Java according to UniRank 2023), STIE STEKOM, Industrial and Vocational Community Association (PERKIVI), Indonesian Smart Teacherpreneur Association (PTIC), and TopLoker.com. Sukses dalam menyelenggarakan International Visiting Lecture dengan tema National Peculiarities of Business Communication.

 

Acara International Visiting Lecture National Peculiarities of Business Communication tersebut diselenggarakan Jumat, 8 Desember 2023 Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

International Visiting Lecture ini diisi oleh Hanna Shcholokova (PhD in Political Science, Assoc Prof, Assoc Prof of International Economic Relations & Regional Studies Dept,) menjelaskan tentang National Peculiarities of Business Communication (Keunikan Nasional Komunikasi Bisnis) Bukan rahasia lagi bahwa tempat kerja saat ini dengan cepat menjadi luas, karena lingkungan bisnis berkembang hingga mencakup berbagai lokasi geografis dan menjangkau berbagai budaya. Dan mengingat sekarang bekerja dengan orang-orang dari jarak jauh sama mudahnya dengan bekerja tatap muka, komunikasi lintas budaya semakin menjadi norma baru.

 

Bahkan untuk penutur asli bahasa Inggris, komunikasi lintas budaya dapat menjadi masalah: saksikan saja ketidakpahaman timbal balik yang terkadang muncul di antara orang-orang dari negara-negara berbahasa Inggris yang berbeda. Jadi, di dunia baru ini, komunikasi lintas budaya yang efektif adalah suatu keharusan.

 

Yang paling penting bagi masyarakat untuk menyadari bahwa pemahaman dasar tentang keragaman budaya adalah kunci komunikasi lintas budaya yang efektif. Kita semua harus belajar bagaimana berkomunikasi dengan lebih baik dengan individu dan kelompok yang bahasa pertamanya, atau bahasa pilihannya, tidak sesuai dengan bahasa kita.

 

Jadi, mempelajari dasar-dasar tentang budaya dan setidaknya sesuatu tentang bahasa komunikasi di berbagai negara adalah penting. Hal ini diperlukan bahkan untuk tingkat pemahaman dasar yang diperlukan untuk terlibat dalam sapaan dan kontak fisik yang tepat, yang dapat menjadi bidang yang rumit antar budaya.

 

Misalnya, mencium rekan bisnis tidak dianggap sebagai praktik bisnis yang tepat di AS, tetapi di Prancis, satu ciuman di setiap pipi adalah sapaan yang dapat diterima. Dan, jabat tangan tegas yang diterima secara luas di AS tidak diakui di semua budaya lain. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/skOAqsNpKLw?si=ybGc9pVLiUucZpQ1