×

INTERNATIONAL WEBINAR Blockhain Technology and Cryptocurrency

INTERNATIONAL WEBINAR Blockhain Technology and Cryptocurrency

Semarang, 11 Desember 2023 University of Science & Computer Technology (STEKOM) in collaboration with the International Scientific and Technical University (Ukraine), University of Customs & Finance (Ukraine), STIE STEKOM, Industrial and Vocational Community Association (PERKIVI), Indonesian Smart Teacherpreneur Association (PTIC), and TopLoker.com. Sukses dalam menyelenggarakan International Webinar dengan tema Blockchain Technology and Cryptocurrency.

 

Acara International Webinar Blockchain Technology and Cryptocurrency tersebut diselenggarakan Senin, 11 Desember 2023 Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

International Webinar ini diisi oleh Dr. Joseph Teguh Santoso (Rector STEKOM University) Indonesia, dan narasumbernya yaitu Kateryna Tokarieva (Lecturer, PhD of Law, Head Department of Law) ISTU, Ukraine. Olena Parshyna (Doctor of Sciences (Economics), Prof, Academician of Academy of Economic Sciences & Prof of Cybersecurity & Information Technology Dept) UMCF, Ukraine. Dan Migunani, M.Kom. (Head of Information System Dept) STEKOM, Indonesia.

 


Dalam pemaparan narasumber, Olena Parshyna (Doctor of Sciences (Economics), Prof, Academician of Academy of Economic Sciences & Prof of Cybersecurity & Information Technology Dept) UMCF, Ukraine. Menjelaskan tentang Blockchain Technology and Cryptocurrency (Teknologi Blockchain dan Cryptocurrency). Blockchain, kadang-kadang disebut sebagai teknologi buku besar terdistribusi (DLT), membuat sejarah aset digital apa pun tidak dapat diubah dan transparan melalui penggunaan jaringan terdesentralisasi dan hashing kriptografi.

 

Analogi sederhana tentang bagaimana teknologi blockchain beroperasi dapat dibandingkan dengan cara kerja dokumen Google Docs. Saat Anda membuat Google Doc dan membagikannya dengan sekelompok orang, dokumen tersebut hanya didistribusikan, bukan disalin atau ditransfer. Ini menciptakan rantai distribusi terdesentralisasi yang memberi semua orang akses ke dokumen dasar pada saat yang bersamaan. Tidak ada yang terkunci menunggu perubahan dari pihak lain, sementara semua modifikasi pada dokumen dicatat secara real-time, membuat perubahan menjadi transparan sepenuhnya. Namun, celah signifikan yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak seperti Google Documents, konten asli dan data di blockchain tidak dapat dimodifikasi setelah ditulis, menambah tingkat keamanannya. Tentu saja, blockchain lebih rumit daripada Google Doc, tetapi analoginya tepat karena menggambarkan ide-ide kritis dari teknologi tersebut. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/qXt1Eg73kpg?si=Lp0oyKestS02BXqu



Dalam pemaparan narasumber, Kateryna Tokarieva (Lecturer, PhD of Law, Head Department of Law) ISTU, Ukraine. Menjelaskan tentang Virtual Assets And Digital Currency: The Experience Of Ukraine And European Union (Aset Virtual Dan Mata Uang Digital: Pengalaman Ukraina Dan Uni Eropa). Hukum Ukraina Tentang Aset Virtual. (diadopsi pada 17 Februari 2022, tetapi tidak berlaku karena kurangnya regulasi perpajakan aset virtual):

 

aset virtual adalah barang tidak berwujud yang merupakan objek hak-hak sipil, memiliki nilai dan dinyatakan sebagai kumpulan data dalam bentuk data elektronik. Keberadaan dan perputaran aset virtual dijamin oleh sistem untuk memastikan perputaran aset virtual. Aset virtual dapat mengesahkan hak milik, khususnya, hak klaim atas objek hak sipil lainnya.

 

Karakteristik aset virtual: barang tidak berwujud, objek hak-hak sipil, memiliki nilai, representasi digital, omset, dapat digunakan untuk mengesahkan hak milik (hak prioritas klaim atas objek hak sipil lainnya). Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/qXt1Eg73kpg?si=qjSaYVJPfhHo0iTM

 


Dalam pemaparan narasumber, Migunani, M.Kom. (Head of Information System Dept) STEKOM, Indonesia. Menjelaskan tentang Prospects For Using Blockchain Technology (Prospek untuk Menggunakan Teknologi Blockchain). Blockchain adalah buku besar terdistribusi dengan daftar catatan (blok) yang terus bertambah yang dihubungkan secara aman melalui hash kriptografi.

 

Blockchain memiliki keunggulan dalam hal akurasi data dan keamanan data. Sistem blockchain akan memeriksa validitas transaksi pada semua node yang ada. Transaksi baru memenuhi persyaratan (divalidasi oleh pihak yang berwenang). Rangkaian blok transaksi ini kemudian dihubungkan untuk membentuk rantai transaksi (blockchain). Setiap blok transaksi dihubungkan oleh sistem algoritma blockchain dan saling mempengaruhi. Saat mengubah nilai transaksi di blok C, harus juga mengubah nilai transaksi di blok B. Nilai transaksi di blok B juga terkait dengan nilai transaksi di blok A. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/qXt1Eg73kpg?si=MZNoruv2l1MB29tE