×

INTERNATIONAL WEBINAR Overcoming Language Barriers in International Business Communication

INTERNATIONAL WEBINAR Overcoming Language Barriers in International Business Communication

Semarang, 5 Desember 2023 University of Science & Computer Technology (STEKOM) in collaboration with the International Scientific and Technical University (Ukraine), University of Customs & Finance (Ukraine), STIE STEKOM, Industrial and Vocational Community Association (PERKIVI), Indonesian Smart Teacherpreneur Association (PTIC), and TopLoker.com, Sukses dalam menyelenggarakan International Webinar dengan tema Overcoming Language Barriers in International Business Communication

 

Acara International Webinar Overcoming Language Barriers in International Business Communication tersebut diselenggarakan Selasa, 5 Desember 2023 Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 

International Webinar ini diisi oleh Dr. Joseph Teguh Santoso (Rector STEKOM University) Indonesia sebagai Opening Speech, dan narasumbernya yaitu Sergii Karpenko (Lecturer, Dept of Comp Science &Software Engineering & Software Development Director Oracle) ISTU, Ukraine. Marhayta Parshyna (PhD in Economic Sciences, Assoc Prof of International Economic Relations & Regional Studies Dept) UMCF, Ukraine. Ida Hendriyani, M.Hum. (Lecturer of Computer System Dept) STEKOM, Indonesia.

 


Dalam pemaparan narasumber, Sergii Karpenko (Lecturer, Dept of Comp Science &Software Engineering & Software Development Director Oracle) ISTU, Ukraine menjelaskan tentang Cross-Culture Business Communication (Komunikasi Bisnis Lintas Budaya) Komunikasi lintas budaya dapat didefinisikan sebagai dialog atau segala jenis interaksi (baik verbal maupun nonverbal) antara orang-orang dari kebangsaan yang berbeda. Diterapkan pada konteks berorientasi bisnis, komunikasi lintas budaya mengacu pada seberapa baik orang-orang dari budaya yang berbeda berinteraksi dalam lingkungan bisnis. Dan seberapa baik mereka menyesuaikan gaya komunikasi mereka dengan budaya rekan kerja mereka.

 

Mengapa komunikasi lintas budaya itu penting? Komunikasi mungkin menjadi isu utama dalam masalah lintas budaya. Konflik, hilangnya kepercayaan, birokrasi, penundaan, kesepakatan yang baik menjadi salah, dan banyak situasi menipu lainnya adalah konsekuensi langsung dari komunikasi yang buruk dalam bisnis internasional.

 

Prinsip-prinsip kunci Komunikasi Lintas Budaya. Komunikasi lintas budaya dapat menjadi tantangan bagi siapa saja, tetapi sangat menantang saat bekerja dengan budaya yang berbeda untuk pertama kalinya. Kadang-kadang, hambatan komunikasi bisa sangat besar. Jika Anda ingin berhasil dalam interaksi lintas budaya Anda, berikut adalah beberapa prinsip dasar.

1. Pahami budaya Anda.

2. Tahu cara berkomunikasi

3. Hormati budaya

4. Tunjukkan empati

5. Dengarkan dengan penuh perhatian

 

Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/Gc0_VxhKFuY?si=JDbl7GAJuChQ3_X6

 


Dalam pemaparan narasumber, Jamila Aghrili (Wester Caspian Department of History and Philosophy) menjelaskan tentang Cross-Culture Business Communication (Komunikasi Bisnis Lintas Budaya) Komunikasi bisnis lintas budaya adalah suatu proses berkomunikasi di antara individu atau kelompok dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda. Dalam konteks bisnis global, kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif lintas budaya menjadi sangat penting karena perbedaan budaya dapat memengaruhi pemahaman, interpretasi, dan respon terhadap pesan bisnis. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu dalam komunikasi bisnis lintas budaya:

1. Pahami Budaya Lawan Bicara:

Pelajari norma-norma budaya, nilai-nilai, dan kebiasaan komunikasi dari pihak dengan budaya yang berbeda. Kenali tingkat hierarki dan pola komunikasi yang umum di negara atau kelompok budaya tersebut.

 

2. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana:

Hindari penggunaan frasa atau idiom yang sulit dimengerti oleh pihak yang berbeda budaya.Pastikan pesan bisnis Anda terstruktur dengan baik dan mudah dipahami.

 

3. Perhatikan Bahasa Tubuh dan Ekspresi Wajah:

Nonverbal communication seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah dapat bervariasi di setiap budaya. Pahami makna di balik gestur dan ekspresi tersebut. Jaga bahasa tubuh Anda agar tidak disalahartikan.

 

4. Gunakan Media Komunikasi yang Sesuai:

Beberapa budaya lebih memilih komunikasi tertulis, sementara yang lain mungkin lebih suka komunikasi lisan atau tatap muka. Pahami preferensi budaya terkait dengan penggunaan teknologi, seperti email, telepon, atau pertemuan langsung.

 

5. Bangun Hubungan Personal:

Banyak budaya menekankan pentingnya membangun hubungan personal sebelum memasuki topik bisnis. Jadi, berinvestasi dalam percakapan santai dan menyambut.

 

6. Hormati Perbedaan:

Kesadaran dan penghargaan terhadap perbedaan budaya merupakan kunci sukses dalam komunikasi lintas budaya. Jangan menilai atau mengevaluasi budaya orang lain berdasarkan standar budaya Anda sendiri.

 

7. Terbuka Terhadap Umpan Balik:

Minta umpan balik secara terbuka dan hormati pandangan atau perasaan yang mungkin berbeda. Bersedia untuk beradaptasi dan mengubah pendekatan komunikasi Anda jika diperlukan.

 

8. Pertimbangkan Zona Waktu:

Pahami perbedaan zona waktu untuk menghindari ketidaknyamanan atau kesalahpahaman terkait waktu.

 

9. Pertimbangkan Aspek Hukum dan Etika:

Ketahui perbedaan budaya terkait etika bisnis dan hukum yang dapat memengaruhi transaksi atau kesepakatan.

 

10. Pelatihan Lintas Budaya:

Berikan pelatihan kepada anggota tim Anda untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap perbedaan budaya dan keterampilan komunikasi lintas budaya.

 

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, komunikasi bisnis lintas budaya dapat menjadi lebih efektif dan meminimalkan potensi kesalahpahaman atau konflik. Penjelaskan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/Gc0_VxhKFuY?si=HRZ91pGssd7qLrJW

 


Dalam pemaparan narasumber, Marhayta Parshyna (PhD in Economic Sciences, Assoc Prof of International Economic Relations & Regional Studies Dept) UMCF, Ukraine. Menjelaskan tentang Overcoming Language Barriers in International Business Communication (Mengatasi Hambatan Bahasa dalam Komunikasi Bisnis Internasional) Teknologi komunikasi modern dan moda perjalanan yang semakin cepat hampir menghilangkan hambatan geografis di antara orang-orang. Mungkin karena ini, kita menjadi lebih sadar akan hambatan lain yang menyulitkan untuk menemukan tempat, adat istiadat, dan selera baru yang menarik, bekerja dengan rekan kerja dari berbagai negara, dan berteman secara online, antara lain. Kita berbicara, tentu saja, tentang hambatan bahasa, yang lebih umum daripada yang disadari banyak orang karena mereka ada dalam beberapa bentuk yang berbeda. Hambatan ini bahkan dapat terjadi di antara orang-orang yang berbicara dalam bahasa yang sama, karena jenis pengetahuan dan kecakapan yang berbeda.

 

Apa itu Hambatan Bahasa. Ketika kebanyakan orang mendengar istilah kendala bahasa, mereka langsung membayangkan penutur dari dua negara berbeda mencoba menegosiasikan harga atau mendiskusikan arah ke hotel terdekat. Pada kenyataannya, ini hanyalah salah satu dari banyak hambatan bahasa dalam komunikasi (juga disebut hambatan linguistik) yang dihadapi oleh penutur dari negara-negara di seluruh dunia setiap hari. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/Gc0_VxhKFuY?si=fKXRHJ--yjAi9w8z

 

Dalam pemaparan narasumber, Ida Hendriyani, M.Hum. (Lecturer of Computer System Dept) STEKOM, Indonesia menjelaskan tentang Strategies For Overcoming Language Barriers In International Business Communication (Strategi Untuk Mengatasi Hambatan Bahasa Dalam Komunikasi Bisnis Internasional) Mengatasi hambatan bahasa dalam komunikasi bisnis internasional memerlukan strategi yang tepat agar pesan dapat disampaikan dengan jelas dan efektif. Berikut beberapa strategi yang dapat membantu:

1. Terjemahan Profesional:

Gunakan jasa terjemahan profesional untuk menerjemahkan dokumen, presentasi, dan komunikasi tertulis lainnya. Pastikan terjemahan akurat dan kontekstual.

 

2. Pelatihan Bahasa:

Berikan pelatihan bahasa kepada anggota tim yang terlibat dalam komunikasi internasional. Ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kemampuan berkomunikasi.

 

3. Gunakan Bahasa yang Sederhana dan Jelas:

Hindari penggunaan istilah teknis atau idiom yang sulit dipahami. Pilih kata-kata yang sederhana dan jelas untuk meminimalkan risiko kesalahpahaman.

 

4. Gunakan Gambar dan Grafik:

Sertakan gambar dan grafik dalam presentasi untuk membantu pemahaman konsep secara visual, mengurangi ketergantungan pada kata-kata tertulis.

 

5. Komunikasi Multibahasa:

Jika memungkinkan, gunakan beberapa bahasa dalam komunikasi tertulis atau lisan untuk memastikan pemahaman yang lebih baik oleh pihak yang berbeda latar belakang bahasa.

 

6. Cek Pemahaman:

Selalu pastikan bahwa pesan Anda dipahami dengan baik. Mintalah umpan balik secara teratur dan berikan kesempatan bagi pihak lain untuk menanyakan pertanyaan atau klarifikasi.

 

7. Jelaskan Konsep dengan Contoh Lokal:

Gunakan contoh atau analogi lokal yang dapat dipahami oleh pihak yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda.

 

8. Pertimbangkan Budaya Komunikasi:

Pahami perbedaan budaya dalam cara berkomunikasi. Beberapa budaya mungkin lebih langsung, sementara yang lain lebih suka ungkapan tidak langsung.

 

9. Sediakan Materi dalam Format yang Dapat Diakses:

Pastikan dokumen atau materi presentasi dapat diakses dalam format yang mudah diunduh dan dibuka oleh pihak-pihak yang mungkin menggunakan perangkat atau platform yang berbeda.

 

10. Libatkan Penerjemah Saat Diperlukan:

Saat berkomunikasi langsung atau dalam pertemuan, libatkan penerjemah jika diperlukan agar pesan dapat disampaikan dengan akurat dan tepat.

 

11. Gunakan Teknologi Terkini:

Manfaatkan alat dan aplikasi teknologi yang mendukung komunikasi lintas bahasa, seperti alat terjemahan otomatis atau aplikasi konferensi video dengan fitur terjemahan.

 

12. Buat Panduan Komunikasi Internasional:

Bentuk panduan internal yang memberikan pedoman komunikasi bagi tim internasional Anda, termasuk saran tentang bahasa yang digunakan dan praktik terbaik.

 

Dengan mengimplementasikan strategi ini, perusahaan dapat mengatasi hambatan bahasa dalam komunikasi bisnis internasional dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mitra atau pelanggan dari berbagai negara. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/Gc0_VxhKFuY?si=FLiMy9EU8jnunJB1