×

VISITING LECTURE Empowering Ideas of Social Entrepreneurhip in the Digital Era

VISITING LECTURE  Empowering Ideas of Social Entrepreneurhip in the Digital Era

Semarang, 30 November 2023 University Poly Tech (Malaysia) organized by University of Science & Computer Tecnology (STEKOM) collaboration with STIE STEKOM, PERKIVI, PTIC and TopLoker.Com, Sukses dalam menyelenggarakan Visitingn Lecture dengan tema Empowering Ideas of Social Entrepreneurship in the Digital Era.

 

Acara Visiting Lecture Empowering Ideas of Social Entrepreneurship in the Digital Era tersebut diselenggarakan Kamis, 30 November Pukul 14.00 s.d 16.00 WIB yang di laksanakan melalui Zoom Meeting dan You Tube Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) dan di hadiri oleh mahasiwa dan masyarakat umum.

 


Visiting Lecture ini diisi oleh Dr. Zaliza Bt Azan (Senior Lecturer FBASS) menjelaskan tentang Empowering Ideas of Social Entrepreneurship in the Digital Era (Memberdayakan Gagasan Kewirausahaan Sosial di Era Digital). Memberdayakan gagasan kewirausahaan sosial di era digital memerlukan pendekatan yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Berikut adalah beberapa cara untuk memberdayakan gagasan kewirausahaan sosial di era digital:

 

1. Pemanfaatan Teknologi Digital:

Gunakan platform online untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan proyek kewirausahaan sosial Anda. Media sosial, situs web, dan aplikasi mobile dapat menjadi alat yang efektif untuk menyebarkan informasi dan melibatkan lebih banyak orang. Pertimbangkan untuk mengintegrasikan solusi teknologi seperti big data, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (IoT) untuk meningkatkan efisiensi operasional dan dampak sosial.

 

2. Crowdfunding dan Fundraising Online:

Manfaatkan platform crowdfunding untuk mengumpulkan dana secara online. Ini tidak hanya membantu mendapatkan dukungan finansial tetapi juga meningkatkan kesadaran terhadap proyek kewirausahaan sosial Anda. Gunakan kampanye digital yang kreatif dan berfokus pada narasi untuk menjelaskan visi dan dampak sosial proyek Anda.

 

3. Kemitraan Digital:

Bentuk kemitraan dengan perusahaan teknologi dan start-up untuk mendukung inovasi dan pertukaran sumber daya. Kemitraan semacam ini dapat membantu meningkatkan skala dan keberlanjutan proyek kewirausahaan sosial. Gunakan teknologi blockchain untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan proyek.

 

4. Pelatihan dan Pendidikan Online:

Sediakan platform pendidikan online untuk memberdayakan masyarakat dan pemangku kepentingan lokal dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan sosial. Manfaatkan webinar, kursus online, dan sumber daya digital lainnya untuk menyebarkan pengetahuan dan meningkatkan kapasitas orang-orang yang terlibat dalam proyek.

 

5. Monitoring dan Evaluasi Berbasis Teknologi:

Gunakan teknologi untuk memantau dan mengevaluasi dampak proyek secara real-time. Ini membantu dalam membuat keputusan yang lebih cepat dan memberikan pemahaman mendalam tentang efektivitas program. Implementasikan sistem pelaporan berbasis aplikasi untuk memudahkan pelaporan dan pemantauan progres proyek oleh semua pihak terkait.

 

6. Pengembangan Jejaring Digital:

Bangun jejaring online dengan organisasi, individu, dan komunitas terkait. Ini dapat membantu dalam berbagi sumber daya, pengalaman, dan peluang kolaborasi.

Gunakan platform kolaboratif untuk memfasilitasi pertukaran ide dan dukungan antar proyek kewirausahaan sosial.

 

Dengan memanfaatkan teknologi dan strategi digital, kewirausahaan sosial dapat menjadi lebih adaptif, efisien, dan dapat memberikan dampak sosial yang lebih besar di era digital ini. Penjelasan lebih lengkapnya bisa tonton di https://www.youtube.com/live/3migoJhdjuw?si=BhCDJsgS4WLCamEw