program pendidikan

program pendidikan

Pendidikan Akademik

Pendidikan Akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Tujuan umum program pendidikan akademik adalah menyiapkan peserta didik (mahasiswa) untuk menjadi warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang baik, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan masalah social kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

Program Pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Sains dan Teknologi Komputer terdiri dari Program Studi Akademik dan Proram Studi Vokasi.

Universitas Sains dan Teknologi Komputer menyelenggarakan dua jenjang program pendidikan yaitu (1) Jenjang Diploma III dan Diploma IV, (2) Jenjang Sarjana (S1).

A. Program Diploma Universitas Sains dan Teknologi Komputer menyelenggarakan program Jenjang Diploma III dan Diploma IV (Sarjana Terapan). Program ini diselenggarakan di Fakultas Vokasi dengan rincian Program Studi sebagai berikut :

     a. Manajemen Informatika (D-IV)

     b. Komputerisasi Akuntansi (D-IV)

     c. Teknik Komputer (D-III)

     d. Teknik Elektronika (D-III)

     e. Komputer Grafis (D-III)

     f. Komputerisasi Akuntansi (D-III)

B. Program Sarjana Program Sarjana (S-1) yang diselenggarakan di Universitas Sains dan Teknologi Komputer berjumlah 6 program studi dan tersebar Fakultas Komputer dan Bisnis dengan rincian Program Studi sebagai berikut :

     a. Sistem Komputer (S-1)

     b. Desain Grafis (S-1)

     c. Teknik Informatika (S-1)

     d. Sistem Informasi (S-1)

     e. Kewirausahaan (S-1)

     f. Bisnis (S-1)

Program Sarjana Strata 1 (S1)

Beban Studi Program Sarjana (S1)

Program Sarjana S1 merupakan jenjang pertama program akademik, mempunyai beban studi antara 144-160 sks, dijadualkan sekurang kurangnya 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama lamanya 14 semester setelah pendidikan menengah. Jadi masa studi atau lama waktu yang dibutuhkan mahasiswa dalam menyelesaikan program pendidikan untuk Program Sarjana (S1) di Universitas Sains dan Teknologi Komputer antara 7 sampai 14 semester dengan beban studi berkisar antara 144 – 160 sks dengan batas waktu

maksimum lama studi 14 semester. Jika sampai akhir batas waktu studi maksimum mahasiswa yang bersangkutan belum mampu menyelsaikan kewajiban studinya,pihak program studi dapat menyatakan mahasiswa tersebut mengundurkan diri.

Orientasi Hasil Lulusan Program Sarjana (S1)

Program Sarjana S1 diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

a. menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya;

b. mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama;

c. mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat;

d. mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian yang merupakan keahliannya

Program Sarjana ini dapat ditempuh sebagai Program Reguler dan Non Reguler (Kelas Khusus).


Butuh Bantuan ? Hubungi kami !