sambutan rektor

sambutan rektor

Salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, Om Swatiastu, Namo buddhaya, Salam kebajikan.


Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat, serta perkenannya saya dapat membagi informasi mengenai Universitas Stekom melalui website.


Saya bangga dapat mengenalkan Universitas Stekom kepada pembaca. Universitas Sains dan Teknologi Komputer diawali dengan sebuah lembaga kursus komputer dan elektronika PAT yang didirikan pada tahun 1982. Lembaga kursus komputer dan elektronika PAT berkomitmen untuk memberikan kursus yang berkualitas dengan harga yang terjangkau seperti tertera pada slogan awal kursus PAT ("Biaya hemat, mutu terjamin, lulus siap kerja"). Dalam perkembangannya, lembaga kursus komputer dan elektronika PAT terus maju dan hingga memiliki beberapa cabang di Jawa Tengah dan mendapat penghargaan dari Depdikbud Provinsi Jawa Tengah sebagai juara I kursus teladan se-Jawa Tengah. Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan jaman, lembaga kursus ini terus berlanjut dan pada tahun 1994 berubah bentuk menjadi Akademi PAT dengan SK Mendikbud No. 04/D/0/1994 dengan Program Studi Teknik Elektronika (Diploma III) dan Teknik Komputer (Diploma III). 


Berjalannya waktu membuat Akademi PAT melakukan inovasi dan penyesuaian taraf pendidikan, hingga pada tahun 2002, sesuai dengan SK Mendiknas No. 235/D/O/2002, Akademi PAT berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Komputer dan Elektronika (STEKOM) atau sering pula disebut dengan STEKOM-PAT dengan tiga (tiga) Program Studi, yaitu (1) Sistem Komputer, (2) Teknik Elektronika, dan (3) Teknik Komputer. Seiring dengan berjalannya waktu, STEKOM terus berkembang dengan menambah 8 (delapan) prodi, yaitu:


1. Desain Grafis (Strata I),

2. Manajemen Informatika (Strata I),

3. Komputerisasi Akuntansi (Diploma IV),

4. Komputer Grafis (Diploma III),

5. Komputerisasi Akuntansi (Diploma III) serta di tambah dengan 3 (tiga) program studi yang sudah ada sebelumnya.


Cita-cita merubah bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas muncul sejak tahun 2018, oleh sebab itu Yayasan PAT menggabungkan dua institusi, yaitu STMIK Provisi yang berada dibawah naungan Yayasan Provisi Pelita Bangsa dan Akademi Kebidanan Abdi Husada yang berada dibawah naungan Yayasan Abdi Sesami Semarang menjadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer dengan sebutan “Universitas STEKOM” pada tahun 2020 melalui SK Mendikbud No. 604/M/2020 dengan menambah 2 (dua) Program Studi baru, yaitu Program Studi S1 Bisnis dan S1 Kewirausahaan. Dengan begitu, total keseluruhan prodi yang ada di Universitas Sains dan Teknologi Komputer ada 13 Program Studi yang berada di bawah naungan Yayasan Prima Agus Teknik (PAT) yang didirikan oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M. Kom., M, Si., M. M.


Saat ini kami terus melakukan pengembangan baik kualitas tenaga pendidik ataupun sarana pendidikan. Dengan meningkatkan status akreditasi program studi, mendorong dosen untuk studi lanjut serta membangun sarana akademik (ruang kuliah baru) terus kami lakukan, mengembangkan jaringan kerjasama institusi, penelitian baik dalam dan luar negeri menjadi prioritas sehingga kami dapat berkiprah dalam pembangunan nasional.


Kami juga memahami bahwa dunia kerja membutuhkan kesiapan mental dan skill untuk menunjang kualitas kerja, Untuk membekali mahasiswa/mahasiswi Universitas Stekom memiliki Ormawa (Organisasi Mahasiswa. Ormawa berada dibawah naungan Bidang Kemahasiswaan, terdiri dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dengan dua orang Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Sains dan Teknologi Komputer yang ditambah dengan staf Bidang Kemahasiswaan. Sebagai sebuah institusi, Bidang Kemahasiswaan merupakan salah satu unit kerja strategis yang mampu menghantarkan mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Komputer menjadi aset bangsa Indonesia yang berwawasan global, memiliki jiwa kepemimpinan dan sikap bekerja sebagai tim serta memiliki integritas yang dilandasi nilai-nilai Pancasila.


Untuk itu kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri lulusan SMA, SMK dan MA sederajat untuk bergabung melajutkan studi bersama kami di Universitas Stekom. Seperti apa yang telah dikatakan oleh Plato “Arah yang diberikan pendidikan adalah untuk mengawali hidup seseorang akan menentukan masa depannya” untuk itu kami akan memberikan pelayanan sebaik mungkin bagi mahasiswa, dan stakeholder yang memerlukan kami.


Demikian sambutan ini kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, terimakasih.


Ttd

Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom

Butuh Bantuan ? Hubungi kami !